Sabtu, 05 Juni 2010

kondisi koperasi saat ini dan perencanaannya dalam memajukan ekonomi Dibupaten Padang Pariaman

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 latar belakang

Koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang bekerjasama memenuhi satu atau lebih kebutuhan ekonomi atau bekerjasama melakukan usaha, maka dapat dibedakan dengan jelas dari badan usaha atau pelaku kegiatan ekonomi yang lain yang lebih mengutamakan modal.

Koperasi sebagai solusi untuk mewujudkan ekonomi rakyat yang adil tanpa memempatkan rakyat sebagai korban eksploitasi pasar bebas. Untuk itu, diperlukan daya pendukung internal yang kuat dan sanggup bersaing yang dapat diperoleh melalui partisipasi ekonomi aktif anggota dan kreatifitas manajemen koperasi dalm memanfaatkan setiap peluang usaha.

Karena gerakan koperasi masih tegak berdiri disituasi krisis ekonomi yang berkepanjangan, maka diharapkan kedepan koperasoi dapat benar-benar menjadi soko gurui perekonomian Indonesia.

Sejak awal kelahirannya koperasi diharapkan menjadi soko guru perekonomian Indonesia.Pola penggorganisasian dan pengelolaannya yang melibatkan partisipasi setiap anggota dan pembagian hasil usaha yang cukup adil menjadikan koperasi sebagai harapan pengembangan perekonomian Indonesia.Dukungan dari pemerintah dan berbagai lembaga lainnya membuat koperasi dapat tumbuh subur di Indonesia.Akan tetapi pertumbuhan koperasi tidak senantiasa semulus apa yang diharapkan dan dibayangkan.Banyak permasahan dan kendala yang dihadapi dalam setiap perkembangannya,harapan menjadikan koperasi sebagai sebagai soko guru perekonomian belum terwujud. Meski banyak contoh koperasi yang telah berhasil membuat sejahtera anggotanya tetapi masih banyak hal yang perlu dibenahi.
1.2. perumusan masalah
Berdasarkan latar belakangnya maka makalah ini, permasalahannya hanya dibatasi pada kondisi dan pengaruh koperasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Padang Pariaman dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya Padang Pariaman.Oleh sebab itu pemerintah Padang Pariaman berupaya mengembangkan sector koperasi namun dalam perkembangannya belum dilakukan dengan optimal.
1.3. tujuan penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah:
1. sebagai masukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Padang Pariaman dalam upaya mengembangkan koperasi di Padang Pariaman.
2. Sebagai penambah wawasan semua Pembaca mengenai peran dan pentingnya koperasi.
3. Bagaimana atau dengan apa koperasi kita pergi atau mencapai tujuan tersebut?
4. Metode atau analisis apa yang cocok dikembangkan dalam memajukan koperasi di Padang Pariaman.
5. Sebagai salah satu syarat untuk bisa lulus dalam mata kuliah Perencanaan Pembangunan.


download lengkapnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar