Senin, 12 April 2010

Ekspor Impor Indonesia

BAB I
Pendahuluan

1. Latar Belakang

Negara-negara manapun di dunia ini tentu tidak terlepas dari akitifitas perdagangan dengan negara lain, seiring perkembangannya maka tiap negara memiliki komoditas andalan untuk diperdagangkan dengan negara lain. Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda satu sama lain yang tidak terdapat di negara lain, suatu negara yang membutuhkan komoditi yang tidak tersedia di negaranya tetapi tersedia di negara lain, maka negara tersebut akan melakukan perdagangan atau pertukaran komoditi dengan negara lain sehingga terjadilah kegiatan ekspor dan impor tiap negara. Karena pentingnya hal itu maka tiap negara melakukan kebijakan ekspor-impor.
Ekspor impor merupakan kegiatan perdagangan yang memerlukan perhatian khusus bagi pemerintah kita dimana begitu beraneka ragamnya permasalahan yang dihadapi. Oleh karena dilatarbelakangi hal itulah penulis mengangkat judul “Ekspor dan Impor Indonesia”.
2. Rumusan Masalah

Adapun masalah-masalah yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :
• Bagaimana Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia?
• Bagaimana kondisi ekspor impor indonesia dewasa ini?
• Apa saja faktor-faktor pendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional?





3. Tujuan Penulisan

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas terstruktur dari mata kuliah Teori Ekonomi Makro Lanjutan yang dibimbing oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan. Selain itu juga sebagai pembelajaran untuk penulis sendiri untuk berbagi ilmu kepada pembaca dan menambah pengetahuan tentang ekspor impor.




untuk lengkapnya download PDF file nya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar