Senin, 12 April 2010

Perencanaan Pembangunan Wisata Kerinci

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Hal ini karena pariwisata merupakan ujung tombak dari kemajuan perekonomian suatu Negara. Pariwisata bisasanya menarik investor asing yang dibutuhkan oleh setiap Negara yang sedang berkembang. Pariwisata juga mempunyai tanggung jawab untuk membawa nama atau citra suatu bangsa agar dikenal di dunia internasional.
Semakin berkualitas pelayanan pariwisata disuatu Negara atau di suatu daerah maka Negara atau daerah tersebut semakin berkembang dan makin dikenal. Seiring dengan perkembangan diberbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Pariwisata juga mempunyai peran penting dalam perkembangannya.
Sektor pariwisata merupakan sektor unggulan bagi kabupaten Kerinci untuk meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD). Daerah berhawa sejuk yang dikenal dengan Bumi Sakti Alam Kerinci itu terus membenahi sektor pariwisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke daerah Kabupaten Kerinci.
Objek wisata unggulan Kerinci diantaranya Perkebunan Teh Kayu Aro, Air Terjun Telun Berasap, Air Panas Semurup, Danau Kerinci, dan Gunung Kerinci. Bahkan Kayu Aro akan dibangun lapangan golf oleh investor luar daerah untuk menarik wisatawan mancanegara.

B. Perumusan Masalah
- Pariwisata di Kabupaten Kerinci yang belum terpromosikan dengan baik, sehingga wisatawan lokal dan asing banyak yang belum mengetahui.
- Akses ke Kabupaten Kerinci terlalu jauh dari ibukota provinsi.
- Sarana dan prasarana penunjang belum berjalan dengan baik.
- Akses transportasi udara yang tidak aktif sehingga mengharuskan menggunakan transportasi darat.
C. Tujuan
1. Melakukan perencanaan pembangunan pariwisata kerinci menjadi yang lebih baik.
2. Implikasi-implikasi kebijakan yang diambil dalam menunjang promosi pariwisata Kabupaten Kerinci.
3. Melakukan pembenahan terhadap transportasi ke Kabupaten Kerinci dalam rangka mempermudah akses masuk bagi wisatawan lokal dan asing.


silahkan download PDF file nya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar